Program Studi Teknik Industri Mengadakan Essay Competition dalam acara WI-CAN 2019

Program Studi Teknik Industri Mengadakan Essay Competition dalam acara WI-CAN 2019

Universitas Widyatama menyelenggarakan kegiatan WI-CAN (Widyatama International Academic Competition and Exhibition) 2019 yang digelar bekerja sama dengan LLDIKTI wilayah IV. Kegiatan WI-CAN diselenggarakan pada tanggal 10-12 Desember 2019. Sebagai bagian dari Universitas Widyatama, Program Studi Teknik Industri turut berpartisipasi dalam acara tersebut dengan menggelar kegiatan lomba Essay Competition dengan tema Effective Production Planning for Industry.

Kegiatan Essay Competition diikuti oleh sejumlah peserta dari perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat.

Perwakilan peserta dari Telkom University keluar sebagai juara 1 dengan judul essay Cloud-Based Advanced Production Planning and Scheduling to Optimize Production Planning. Program Studi Teknik Industri Universitas Widyatama keluar sebagai juara 2 dengan judul essay Artificial Intelligence for Production Planning in Revolution Industry 4.0. Sementara peserta dari Binus University keluar sebagai juara 3 dengan judul essay Solusi Kreatif Terhadap Permasalahan Produksi dengan Memanfaatkan Teknologi Plasma pada Industri Susu.

Selain mengadakan kegiatan Essay Competition, Program Studi Teknik Industri juga mengikuti kegiatan Exhibition dengan mengirimkan perwakilan dari Laboratorium Teknik Industri. Laboratorium Sistem Produksi (SisProd) mengirimkan perwakilan dengan menunjukan hasil harya berupa maket tata letak pabrik yang merupakan hasil dari mahasiswa. Selain itu, Laboratorium SisProd juga menunjukan hasil karya berupa 3D printing yang merupakan hasil karya dari mahasiswa dan instruktur di laboratorium. Hasil karya 3D printing merupakan sebuah alat inovasi yang didesain oleh mahasiswa yang kemudian diwujudkan dalam bentuk prototipe dengan menggunakan printer 3D.

Laboratorium Perancangan Optimasi Sistem Industri (POSI) menunjukan hasil karya berupa rancangan tata letak gudang yang telah melalui tahap perancangan dan kemudian diwujudkan dalam bentuk maket. Konsep desain gudang yang diusung oleh Lab POSI adalah Green Warehouse Design dimana rancangan tata letak gudang tersebut dibuat untuk mendukung Sustainable Development Goals. Hasil karya maket tersebut merupakan hasil karya kolaborasi dari mahasiswa dan instruktur yang tergabung dalam Lab POSI. Selain itu dibuatkan pula poster yang memuat konsep-konsep dan penjelasan dari rancangan tata letak gudang yang dibuat.

Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi (PSKE) turut mengirimkan perwakilan dan hasil karya dalam kegiatan exhibition dengan membuat sebuah display yang memuat produk-produk dan waktu yang dibutuhkan untuk didaur ulang. Display produk-produk tersebut bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa dan masyarakat pada umumnya untuk mengurangi produk-produk yang membutuhkan waktu lama untuk daur ulang secara alami. Pembuatan display ini diharapkan untuk mengurangi sampah yang selama ini menjadi masalah di dunia global.

Bapak Dr. Arief Rahmana, S.T., M.T. CIPMP. mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara ini. Kegiatan WI-CAN ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk digelar, selain dapat mengembangkan potensi mahasiswa dalam kegiatan lomba dan exhibition, kegiatan ini juga dapat menjalin hubungan yang erat antar perguruan tinggi khususnya di Jawa Barat. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan ini sehingga acara WI-CAN dapat berjalan dengan baik dan lancar” Kata Bapak Arief Rahmana yang merupakan Ketua Program Studi Teknik Industri, Kamis (12/12/2019).

Lebih lanjut Bapak Arief Rahmana memberikan selamat kepada para pemenang kegiatan lomba. Saya ucapkan juga selamat kepada para pemenang lomba dan mudah-mudahan acara serupa dapat digelar secara rutin setiap tahunnya.

Comments are closed.